Kamis, 27 Oktober 2011

APLIKASI PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL DENGAN LAYANAN WEB BOOKING STUDI KASUS LEKSONO FUTSAL BERBASIS RUBY ON RAILS

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam bab ini akan dijelaskan beberapa hal dasar yang meliputi latar belakang, permasalahan, batasan permasalahan, tujuan dan manfaat, metodologi pelaksanaan serta sistematika penulisan buku tugas akhir ini. Dari uraian tersebut diharapkan dapat menjadi gambaran umum permasalahan dan pemecahan yang diambil, dapat dipahami dengan baik.

1.1      Latar Belakang
Menjamurnya lapangan futsal di setiap daerah di Indonesia terutama pada kota-kota besar menjelaskan betapa tingginya animo masyarakat terhadap olahraga futsal. Pemakaian masyarakat terhadap penyewaan yang tergolong banyak menuntut pemilik lapangan futsal agar meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung, dan salah satunya dengan memberikan pelayanan yang cepat dan efisien.
Dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan informasi, menyebabkan semakin kompleksnya informasi yang harus bisa diolah, sehingga kebutuhan pengguna akan jaringan komputer secara menyeluruh semakin diperlukan. Penggunaan jaringan secara menyeluruh ini bertumbuh dan membentuk jaringan komputer yang sangat besar dan tersebar diseluruh belahan dunia, dan itu dikenal dengan nama internet, yang bisa diakses dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan oleh setiap kalangan, dimana saja dan kapan saja. Begitu banyak kelebihan yang dimiliki oleh komputer dalam proses pengolahan data, terlebih dalam pengelolaan data pada proses booking pada “Lapangan Futsal” ini. Hal tersebut menjadi suatu sebab mengapa komputer dijadikan sebagai alat pengolah data. Pada dasarnya sistem komputerisasi bertujuan untuk mempercepat proses yang terjadi dalam suatu sistem, dan sangatlah relevan bila pada “Leksono Futsal” menggunakan fasilitas tersebut.
Oleh karena itu penulis akan menjelaskan mengenai bagaimana membuat suatu sistem yang di dalamnya terdapat proses dimana petugas dapat melayani pelanggan melalui sistem informasi dan bagaimana pengunjung yang telah menjadi member dapat melakukan proses booking secara online dengan menggunakan bahasa pemrograman utama yaitu Ruby dengan Framework Rails atau yang disebut dengan Ruby On Rails.

1.2         Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
a.       Bagaimana cara membangun fasilitas booking dan pengelolaanya secara online pada lapangan futsal dengan menggunakan bahasa perograman Ruby?
b.      Bagaimana cara membuat aplikasi booking yang didalamnya terdapat jadwal langsung dari hasil proses booking dengan menggunakan Framework dari Ruby yaitu Ruby On Rails dan Neatben 7.0 sebagai editornya
c.       Bagaimana membuat suatu aplikasi yang dapat membantu pemilik atau operator pada lapangan futsal untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengelola persewaan lapangan.

1.3.Batasan Masalah
Dari permasalahan-permasalahan yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dibutuhkan batasan masalah  yang dimaksudkan agar pembahasan tidak terlalu melebar, hal tersebut antara lain:
  1. Permasalahan yang akan dibahas disini, yaitu hanya menunjukkan bagaimana langkah-langkah untuk membuat booking website dengan memanfaatkan framework ruby on rails.
  2. Website dibuat dengan maksud untuk mengenalkan dan sekaligus memberikan pelayanan online booking kepada member dan petugas mampu melihat hasil booking yang dilakukan.
  3. Aplikasi yang dibuat tersebut tidak mengatur tentang perhitungan harga pada proses booking.


1.4.Tujuan
Tujuan dari membuat aplikasi mengenai booking lapangan Futsal berbasis website dengan menggunakan framework Ruby on Rails adalah:
a.       Membuat sistem yang bisa di gunakan untuk mengelola beberapa data yang menyangkut booking Lapangan Futsal.
b.      Admin atau Owner dapat menyimpan dan melihat data-data penyewaan dan hasil booking pada pelanggan yang telah menjadi member di dalam database dengan waktu singkat sehingga dapat diketahui jadwal pemakaian lapangan.
c.       Membuat aplikasi yang dapat dipakai sebagai media informasi. Informasi yang dimaksud adalah mengenai data-data penyewaan pada setiap pelanggan sehingga dapat mengurangi kesalahpahaman antara pengelola dan pelanggan, misalnya member dapat mengetahui kapan lapangan masih kosong (belum ada booking) sehingga pelanggan dapat memilih lapangan mana yang akan dipakai.

1.5.       Manfaat
Dengan Aplikasi Booking Lapangan secara Online tersebut mempunyai manfaat sebagai berikut:
  1. Efisiensi waktu, tenaga, dan biaya dalam pengelolaan lapangan futsal yang menyangkut booking lapangan pada Leksono Futsal yang telah dilakukan oleh member.
  2. Memudahkan pelayanan kepada pelanggan saat melakukan booking lapangan.
  3. Aplikasi ini diharapkan agar pelanggan merasa nyaman bila menjadi member dan merasa nyaman saat melakukan booking.



1.6.       Metodologi Penulisan
Pada pengerjaanya diterapkan beberapa metode demi tercapainya hasil akhir yang telah diharapkan sebelumya. Metode yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah :
a.      Study Literatur
Pada tahap ini dilakukan penelusuran terhadap berbagai macam literatur seperti buku, referensi-referensi baik melalui perpustakaan maupun internet dan lain sebagainya yang terkait dengan judul penelitian ini.
b.      Analisis Aplikasi
Dari hasil study literatur akan dibuat deskripsi umum mengenai aplikasi menentukan bahasa pemrograman dan framework yang hendak digunakan, disini penulis menggunakan bahasa pemrograman Ruby dan dibantu dengan  framework Ruby On Rails.
c.      Rancang-Bangun Aplikasi
Pada tahap ini dilakukan perancangan sistem yang nantinya akan memudahkan dan mengurangi tingkat kesalahan dalam membuat aplikasi booking pada Leksono Futsal.
d.     Uji Coba dan Evaluasi Aplikasi
Pada tahap ini dilakukan uji coba terhadap sistem yang telah dibangun, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan ataukah masih memerlukan perbaikan lagi sebelum dikenalkan kepada khalayak ramai.
e.      Dokumentasi
Pada tahap ini dilakukan pembuatan laporan mulai dari study literature, analisis hingga pada akhirnya sampai dengan implementasi, sehingga pada akhirnya dapat dilakukan penarikan kesimpulan dan saran untuk kemajuan dan perbaikan pada aplikasi yang telah dibuat.


1.7.       Sistematika Penulisan
Agar proses pendokumentasian aplikasi tertata dengan rapi maka diperlukan suatu sistematika dalam penulisan laporan. Sistematika penulisan yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :

BAB I     PENDAHULUAN
Dalam bab ini dijelaskan beberapa hal dasar yaitu tentang gambaran umum latar belakang penulisan Tugas Akhir, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan sistematika penulisan, sehingga gambaran umum permasalahan dan pemecahan yang diambil dapat dipahami dengan baik.

BAB II    TINJAUAN PUSTAKA
Membahas tentang teori penunjang dari pembahasan masalah antara lain tentang komponen-komponen yang digunakan dalam pembangunan sistem yang dibangun.


BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini menjelaskan mengenai teknik analisis program yang digunakan dan perancangan untuk proses pembuatan aplikasi agar dapat mendekati kesempurnaan pada aplikasi tersebut.


BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini berisi hasil implementasi dari analisis dan perancangan aplikasi yang telah dibuat sebelumnya beserta pembahasan dari membangun server serta pengujian yang dilakukan terhadap sistem yang telah dibuat.

BAB V UJICOBA DAN EVALUASI
Pada bab ini akan dibahas mengenai uji coba terhadap aplikasi yang telah dibuat dan selanjutnya akan dibuat beberapa evaluasi dari hasil uji coba tersebut.

BAB VI PENUTUP
Bab ini akan menjelaskan tentang kesimpulan dari keseluruhan isi dari laporan dan Tugas Akhir serta saran-saran untuk pengembangan lebih lanjut.

DAFTAR PUSTAKA
Berisi tentang literatur sebagai teori pendukung dalam  pembahasan pada laporan tugas akhir ini.


8 komentar:

  1. Lah kok bisa masuk ke emailku... hmmm

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. makasih kang :D sangat membantu

    BalasHapus
  4. Kalo boleh tau ini yg buat proposal atas nama siapa and pada tahun berapa ya masbalas ke nomor ini 085640006705 / pin bbm 52b9d10d

    BalasHapus
  5. Kalo boleh tau ini yg buat proposal atas nama siapa and pada tahun berapa ya mas
    bisa balas ke email saya. terimakasih yaa

    atau mungkin ada yang tau

    BalasHapus
  6. terimakasih sangat membantu bro.

    BalasHapus